VIRUS CORONA MENJADI KONSPIRASI POLITIK?

Uncategorized

Banyak pendapat dan konspirasi mengenai asal pandemic yang sedang melanda dunia ini, karena penyebarannya yang begitu cepat. Teori ini banyak disebarkan di sosial media yang memiliki pengikut besar. Ketika sudah seperti ini banyak orang yang merasa ketakutan akan hal-hal yang tersebar di media. Biasanya mereka yang ketakutan seperti ini ingin tahu penjelasannya, karena mereka tidak mengetahui gagasan apapun.

Walaupun pasti selalu ada ketakukan dan ketidak pastian akan suatu hal, tapi memang pandemi ini benar-benar ada dan menggunacang seluruh dunia. Peristiwa yang besar pun mungkin seperti tidak masuk akal, namun penjelasannya pun sama-sama tidak masuk akal pula.

Banyak orang yang percaya akan suatu hal yang didapat dari media, namun bukan berati mereka bodoh. Sumber-sumber tersebutlah yang malah menginformasikan informasi yang tidak jelas atau mungkin di lebih-lebihkan, sehingga menciptakan keresahan masyarakat.

Siap tidak siap, dunia harus menerima wabah virus seperti ini karena sebelumnya beberapa tahun lalu pun sudah ada wabah seperti SARS, Ebola, MERS yang dimana harusnya dunia harus sudah siap dalam sistem pelayanan kesahatan.

Banyak yang melakukan rasisme terhadap negara China terkait denga nasal mula Covid-19 seperti ini. Teori konspirasi juga bisa dapat mengalihatkan perhatian rakyarnya karena kegagalan pemerintah dalam menciptakan kesejehateraan masyarakat. Tapi banyak juga masyarakat yang kebingungan tentang bagaimana asal mula virus ini muncul. Ketika pertawa kali awal muncul memang di China, negara itu pula yang awalnya terjangkit dengan pasien terbanyak (sebelum menyebar ke negara-negara lain), tapi mereka bisa cepat dapat menanggulanginya karena tidak sampai berbulan-bulan. Lalu seketika virus sudah menyebar keseluruh dunia, sedangkan China sudah dinyatakan selesai terhadap virus itu, nah inilah yang membuat masyarakat duni bertanya-tanya.

Berita-berita pun memunculkan bahwa China sedang melakukan uji pembuatan vaksin, lantas mengapa bisa virus yang asal mula dari mereka, namun mereka bisa membuat vaksinnya? Pembuatan vaksin inipun memang membutuhkan waktu yang lama, apalagi setiap prosesnya selalu ada uji klinis yang dimana harus dilakukan berulang-ulang hingga vaksinnya tepat.

Kondisi seperti ini yang malah membuat konspirasi politik saat sedang terjadi krisis. Pasalnya kejadian seperti ini bukan merupakan faktor kebetulan tapi pasti bisa di prediksi. Banyak orang yang mempercayai bahwa pandemic ini adalah buatan untuk mengambil keuntungan tertentu dan yang membuat makin bingung dimana virus ini berasal dari laboratiurium Wuhan untuk dijadikan senjata biologis.

Setiap tragedy seperti ini pasti banyak juga kesempatan bagi kapitalis untuk menjual sesuatu karena ada teori yang mengatakan jika pandemic ini dibuat oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) dan Bill Gates(?).

Setiap harianya selalu ada penularan dan ancaman namun telah melampaui batas-batasnya, sehingga kewaspadaan setiap negara dan masyarakan akan semakin memuncak. Apalagi rasa kecemasan ini dirasakn oleh warga negara Indonesia yang dimana hampir 6 bulan, terhitung dari bulan maret yang kasus positif corona berawal 2 orang, kini per 17 agustus sudah mencapai lebih dari 100 ribu kasus dan banyak diantaranya yang sudah meninggal.

Dengan banyaknya kasus positif di Indonesia, maka membuat public semakin ingin tahu ada apasih di balik virus ini. karena seperti yang kita tau, negara-negara lain sudah memasuka era new normal, walaupun Indonesia juga sudah namun masih tetap harus berhati-hati karena setiap harinya pasti selalu bertambah kasus.

Belum lagi jika pemerintah pusat hanya berupaya untuk memusatkan informasi dan hal ini membuat akses informasi untuk public semakin terbatas.

Top of Form

Post a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*